Hukum Newton

.
Terdapat tiga Hukum Newton tentang gerak yaitu Hukum I Newton, Hukum II Newton dan Hukum III Newton. Adapun penjelasan masing-masing Hukum tersebut adalah sebagai berikut:

1. Hukum I Newton

Jika anda mengendarai sepeda motor dengan kecepatan yang sangat tinggi, pernahkah anda mengalami kejadian seperti tertarik ke arah yang berlawanan dengan laju sepeda motor anda? Atau pernahkah anda menaiki lift dan mengalami kejadian merasa tubuh anda tertarik ke bawah ketika lift sedang bergerak ke atas? Mengapa hal itu dapat terjadi?

Kejadian yang sedang kalian alami tersebut merupakan fenomena yang berhubungan dengan Hukum I Newton. Bunyi hukum I Newton adalah ”Setiap benda akan diam atau bergerak lurus beraturan jika resultan gaya yang bekerja pada benda itu sama dengan nol”

Rumusan matematis hukum I Newton adalah ∑ F = 0

2. Hukum II Newton

Apabila terdapat rangakian kereta dinamika yang diberi beban, maka kereta tersebut akan mengalami percepatan yang besarnya sebanding dengan besar gaya yang diberikan (beban yang diberikan). Apabila massa kereta dinamika ditambahkan maka akan berpengaruh dengan percepatan yang dihasilkan dengan kondisi sebelumnya. Dari hasil ilustrasi tersebut bisa dituliskan hubungan antara gaya, massa dan percepatan sebagai berikut:

a ~ atau F ~ ma

Apabila gaya yang bekerja pada benda lebih dari satu maka secara umum persamaan tersebut dapat ditulis sebagai berikut:
∑ F = m.a

Persamaan tersebut merupakan ungkapan matematis Hukum II Newton yang menyatakan bahwa ”Percepatan suatu benda yang disebabkan oleh suatu gaya searah dengan gaya itu dan berbanding terbalik dengan massa benda yang dikenai gaya tersebut”

3. Massa dan Berat

Benarkah pernyataan bahwa berat Andi adalah 50 Kg? Dalam kehidupan sehari-hari, seringkali kita salah mengartikan konsep massa dan berat. Kita seharusnya benar-benar memahami perbedaan antara massa dan berat.

Massa merupakan kuantitas banyaknya partikel di dalam suatu zat. Sedangkan berat adalah gaya yang bekerja pada benda akibat tarikan gravitasi bumi.

Jadi hubungan antara massa dan berat dinyatakan dalam persamaan:

w = m.g

4. Hukum III Newton

Hukum III Newton berkaitan dengan interaksi dua benda. Ketika seseorang duduk di atas kursi, maka orang tersebut memberikan gaya terhadap kursi dan sebaliknya, kursi juga memberikan gaya terhadap orang tersebut yang berlawanan arah.

Hal tersebut sesuai dengan pernyataan hukum III Newton yaitu ”Besar gaya aksi dan reaksi pada dua benda yang berbeda selalu sama besar tetapi berlawanan arah”

Secara matematis Hukum III Newton adalah:

F aksi = - F reaksi